4 Cara Jitu Menata Kamar Tidur Minimalis Agar Luas

desain kamar tidur minimalis

Kamar ingin berkonsep minimalis tetapi yang terjadi malah sesak dan sempit? Terkadang kamar tidur kita terasa sempit bukan karena ukuran kamar yang kecil. Namun kesalahan penataan yang dilakukan oleh anda. Tak jarang kamar tidur yang harusnya nyaman justru beralih untuk meletakan barang yang akhirnya seperti gudang.

Penuh dengan barang-barang yang masih digunakan sampai yang tidak digunanakan. Selain itu kalaupun kamar tidur anda berukuran kecil namun ingin menimbulkan kesan minimalis pada kamar, maka ada tips jitu yang bisa anda ikuti berikut ini.

1. Salah Pencahayaan

desain kamar tidur minimalis
architecturaldigest.com

Seringkali kamar tidur mendapatkan pencahayaan yang salah. Desain minimalis selain mengutamakan konsep yang simpel, pencahayaan juga penting. Hal ini untuk menunjang konsep sekaligus membuat kamar tidur lebih sehat. Adanya cahaya yang masuk jelas menghindari kondisi kamar yang terlalu lembab.

Selain itu banyak orang yang menggunakan kamar tidur untuk tempat beristirahat. Namun, terkadang anda juga membaca buku sebelum tidur, ataupun bersantai dan bangun di pagi hari untuk menikmati akhir pekan. Utamakan kenyamanan dan juga pencahayaan yang aman.

2. Sesuaikan Ukuran Perabotan

desain kamar tidur minimalis

Tips jitu kedua adalah ukuran perabotan yang bisa menambah luasan kamar tidur tanpa mengurangi konsep minimalis. Sayangnya banyak orang yang hanya sembarang membeli kasur. Tanpa melihat ukuran dan juga model, khususnya ukuran orang membeli kasur secara acak.

Padahal jika anda mengukurnya terlebih dahulu bisa jadi kasur yang anda butuhkan lebih kecil. Selain itu banyak yang mempertimbangkan kasur murah. Padahal jika anda ingin membeli kasur baiknya harga yang lumayan tinggi namun kualitasnya terjamin hingga 30 tahun. Anda boleh memikirkan konsep atau harga namun sesuaikan juga dengan kualitas, konsep dan tentu kenyamanan.

3. Warna Netral

desain kamar tidur minimalis
hgtv.com

Kesalahan ketiga yang banyak dilakukan oleh anda sehingga menimbulkan kesan sempit pada kanar tidur adalah bereksperimen dengan warna-warna mencolok dan salah tempat. Minimalis mengutamakan desain dengan warna yang netral atau soft. Sehingga warna yang digunakan rata-rata hitam, putih, abu dan warna pastel lainnya. Selain mendukung konsep minimalis warna ini memberikan kesan luas pada kamar tidur minimalis anda.

Selain itu anda pasti tidak akan nyaman jika dinding menggunakan warna-warna neon dan diaplikasikan pada seluruh ruang tidur anda. Warna mencolok memang bisa memberikan kesan cerah dan cantik. Tapi faktanya justru merusak.

4. Kurangi Hiasan

desain kamar tidur minimalis
countryliving.com

Terakhir yang paling sering dilakukan adalah memberikan hiasan penuh di kamar tidur. Padahal ruangan tersebut seharusnya nyaman dan juga tidak terlalu penuh. Untuk menciptakan kamar tidur minimalis anda boleh memajang hiasan. Namun dengan syarat tidak terlalu banyak dan ukurannya tidak terlalu besar.

Hiasan juga bisa berupa bantal. Terlalu banyak bantal hias menyebabkan kamar tidur penuh dan sesak. Untuk apa bantal berlebihan jika akhirnya menimbulkan kesan sesak dan konsep minimalisnya menghilang.

Kamar tidur memang tempat paling pribadi, sehingga terkadang orang menyamankan tempat tersebut sesuai seleranya masong-masing. Namun perku dipahami bahwa kamar tidur minimalis dengan isi barang yang tidak terlalu banyak juga bisa membuat anda merasa nyaman.

Banyak desain yang bisa anda jadikan inspirasi untuk kamar tidur minimalis, sesuaikan saja dengan luasan kamar, selera dan tentunya budget rumah anda. Apalagi konsep minimalis ini bisa memberikan kesan luas pada kamar tidur dan juga memberikan kesan sederhana saja. Khususnya untuk anda yang tidak suka dengan rumah yang terlalu ribet dan banyak perabotan.

Sumber: Hustopia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *