5 Keunikan Rumah Adat Sumatera Selatan

rumah adat sumatera selatan

Jika anda memiliki uang Rp. 10.000 pasti anda sering melihat foto atau gambar rumah adat di bagian belakang uangnya. Rumah tersebut tak lain adalah rumah adat Sumatera Selatan yang dibanggakan dengan nama Rumah Limas. Rumah tersebut memang berbentuk unik, dengan atap berupa limas dan juga bahan berupa kayu. Bentuknya memang berbeda dan unik.

Nah untuk anda yang ingin tahu mengenai Rumah Limas, dalam artikel ini akan kita bahas beberapa ciri khas Rumah Limas yang berbeda dengan rumah adat lainnya dan menjadi kebanggaan banyak masyarakat Palembang.

Rumah ini juga bisa anda temukan di Taman Mini Indonesia Indah dengan bentuk yang serupa. Berikut ini, 5 keunikan rumah adat Sumatera Selatan yang akan dibahas dalam artikel ini :

1. Umurnya 300 tahun

rumah adat sumatera selatan

Rumah limas merupakan salah satu rumah adat yang bisa di kategorikan tu dna sudah lama. Rumah Limas di Museum Balaputera Dewa merupakan rumah yang paling bersejarah di Palembang.

Dimana usianya sudah mencapai 300 tahun dan sangat terawat dengan baik. Dari sini juga kita bisa lihat bahwa Rumah Limas memiliki kualitas kayu yang luar biasa dan juga kuat sehingga bisa bertahan sangat lama tanpa harus direnovasi.

2. Keaslian hanya ada di Museum Balaputera Dewa

Jika anda sedang melancong ke Sumatera Selatan, anda mungkin akan menemukan Rumah Limas lainnya. Selain di Museum Balaputera Dewa anda juga bisa menemukan beberapa barang yang masih terjaga keasliannya hanya ada di museum tersebut. beberapa barang sudah dipindahkan ke TMII. Rumah ini disebut asli karena menggunakan bahan atau kayu dan juga ukuran yang sama dengan ketentuan Rumah Limas yang ada.

3. Pangeran William dan Ratu Beatrix

Keunikan selanjutnya adalah Rumah Limas yang berhasil mencuri perhatian masyarakat luar, bukan hanya orang-orang baisa saja. Namun turis yang berasal dari tamu kenegaraan seperti Ratu Beatrix dan juga putranya Pangeran William yang sedang berkunjung ke Indonesia pada tahun 1993.

Keunikan ini memang disukai oleh ratu terhormat tersebut. Menurut mereka, Rumah Limas memiliki filosofi yang indah dan juga memiliki desain yang berbeda. Setelah kunjungan tersebut banyak turis mancanegara yang ikut melihat Rumah Limas dan melihat keunikan rumah adat tersebut.

4. Banyak Filosofi

Keunikan lainnya yang bisa anda dapatkan adalah, rumah limas memiliki filosofi yang luar biasa. Dimana atap rumah tersebut berbentuk tanduk kambing. Dengan jumlahnya 5 memiliki lambang rukun islam dan 6 rukun iman, 4 sahabat nabi, 3 itu matahari bintang dan bulan, 2 adam dan hawa. Filosofi ini memang termasuk yang Islami karena masyarakat Palembang yang memang Islami. Masih ada filosofi lainnya yang lebih jelas baik bagian rumah maupun bagian dalam rumah.

5. Rumah Panggung dan Tiga Fungsi

Keunikan selanjutnya adalah rumah panggung dan juga tiga fungsi yang ada di Rumah Limas. Pertama karena tipe rumah adat ini jenis panggung sehingga pengguna rumah merasa aman dan nyaman, selanjutnya adalah rumah panggung untuk melindungi dari hewan buas karena dulu di Palembang masih banyak hutan belantara. Terakhir rumah tersebut digunakan untuk membuat kegiatan makanan, karena itu rumah adat disana luas.

Itulah 5 keunikan rumah adat Sumatera Selatan yang bisa anda pahami, Rumah Limas memang menjadi kebanggaan yang masih dijaga dan juga dijunjung tinggi oleh masyarakat Palembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *