8 Referensi Tempat Wisata di Garut yang Harus Kamu Kunjungi Saat Liburan

Wisata Situ Bagendit

Tempat wisata di Garut – Berwisata ke Jawa Barat, tak melulu harus ke Bandung. Kamu bisa mengunjungi sebuah kabupaten kecil di Jawa Barat, yaitu Garut. Garut merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat, yang sudah terkenal dengan kerajinan tangan dan batu akiknya.

Selain itu, Garut juga terkenal memiliki banyak destinasi wisata yang mampu membuat mata kamu tak berkedip. Berikut 8 referensi tempat wisata di Garut yang harus kamu kunjungi saat liburan tiba :

1. Wisata Situ Bagendit

Wisata Situ Bagendit

Pernah membaca atau mendengar legenda Situ Bagendit ? Jangan hanya mendengar ceritanya saja, kamu harus mengunjungi tempat wisatanya juga. Wisata Situ Bagendit berada di Kecamatan Bayuresmi, Kabupaten Garut. Dari pusat Kota Garut, kamu memerlukan waktu sekitar 30 menit. Berlibut ke Wisata Situ Bagendit, kamu akan dibuat betah berada disana. Banyak fasilitas umum yang bisa kamu gunakan untuk menikmati wisata ini, seperti rakit bambu, jet ski, sepeda air, canoe, dan masih banyak lainnya.

2. Pemandian Air Panas Cipanas

Tempat wisata di Garut selanjutnya, adalah Pemandian Air Panas Cipanas. Tempat wisata ini cocok buat kamu yang ingin berelaksasi dari rutinitas kerja yang melelahkan. Berwisata ke Pemandian Air Panas Cipanas, bisa kamu tempuh menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika kamu menggunakan angkutan umum, dari Alun-alun Tarogong kamu harus naik angkota berwarna coklat dengan tarif Rp. 3.000 saja.

Pemandian Air Panas Cipanas kini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang modern, seperti waterboom. Berwisata kesini cocok dengan rombongan keluarga, atau komunitas. Jika kamu ingin bermalam di Cipanas, kamu tidak perlu khwatir mencari penginapan. Di Cipanas terdapat banyak penginapan dan hotel berbintang yang bisa kamu sewa.

3. Wisata Gunung Guntur

Kamu seorang pecinta alam ? dan suka mendaki gunung ? Belum lengkap kalau kamu tidak menaklukan Gunung Guntur. Gunung tinggi di wilayah Garut ini, berada di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Jika kamu berada di Kota Bandung, lokasi wisata ini berada di sebelah kanan sebelum Alun-alun Tarogong.

Meskipun akses menuju lokasi sangat mudah, namun trek pendakiannya terbilang sangat sulit. Selain itu Gunung Guntur adalah gunung yang gersang, jarang dijumpai tumbuhan seperti gunung-gunung lainnya. Jadi jika kamu ingin mendaki di gunung ini, waktu yang cocok yaitu malam hari.

Meskipun jalur pendakian yang sulit, namun disepanjang jalan kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang sungguh indah. Tepat dibawah kaki gunung, terdapat air terjun yang indah, yaitu Curug Citiis. Curug ini bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat, ketika kelelahan menimpa kamu.

Sesampainya diatas puncak, mata kamu akan dibuat bersyukur atas anugerah Tuhan. Kamu akan dibuat takjub dengan pemandangan dunia atas awannya. Berada di puncak Gunung Guntur, kamu bisa melihat Wisata Situ Bagendit, Gunung Cikuray, dan pemandangan Kota Garut.

4. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray memiliki 3 trek pendakian, trek pendakian gunung melalui Pemancar Cilawu, pendakian melalui Bayongbong, dan melalui Cikajang. Sedangkan untuk bisa sampai di puncak Gunung Cikuray, kamu harus melewati trek pendakian yang sangat terjal, bahkan lebih terjal dari trek pendakian Gunung Papandayan. Kamu membutuhkan waktu 4 – 6 jam perjalanan.

Meskipun perjalanan menuju puncak sangat melelahkan, namun pemandangan puncak sangat memukau. Pernah melihat Negeri Diatas Awan ? Nah jika belum pernah, Puncak Gunung Cikuraylah jawabannya. Buntelan awan tebal ketika pagi menjelang, siap membuat mata kamu tak berkedip.

5. Gunung Papandayan

Selain Gunung Guntur dan Gunung Cikuray, kamu wajib mencoba mendaki Gunung Papandayan. Pemandangan gunung ini tak kalah menarik dengan kedua gunung di Garut lainnya. Gunung Papandayan berada di Garut sebelah selatan, tepatnya di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Gunung ini termasuk tempat wisata di Garut yang sangat terkenal, Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2665 mdpl.

Berada tak jauh dari pusat kota, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Alun-alun Cisurupan. Karena memiliki puncak yang tidak terlalu tinggi serta trek yang tak terlalu terjal, Gunung Papandayan cocok didaki bagi pemula ataupun anak-anak.

Sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak, kamu bisa berkunjung ke Taman Wisata Alam Papandayan. Di taman ini kamu akan menjumpai Kawah Papandayan, Hutan Mati, Area camping, Pondok Saladah, dan Padang Edelweis Tegal Alun.

6. Kawah Putih Talaga Bodas

Kalau Bandung punya Kawah Putih Ciwidey, Garut juga punya wisata kawah putih yaitu Kawah Putih Talaga Bodas. Kawah putih di Garut memiliki pemdangan yang tak kalah indah dengan kawah putih di Bandung. Kawah Putih Talaga Bodas memiliki pemandangan yang apik, serta udara yang sejuk.

Berwisata ke Kawah Putih Talaga Bodas, kamu tak hanya bisa menikmati keindahan alamnya saja. Tetapi kamu bisa berendam di air panas, karena disini banyak tersedia bak-bak air panas yang bisa kamu nikmati. Air panas di kawah ini, mengandung belerang yang cukup tinggi. Sehingga bermanfaat sebagai penyembuh penyakit.

7. Wisata Arung Jeram Sungai Cimanuk

Ingin menguji adrenalin kamu ? Berwisata saja ke Wisata Arung Jeram Sungai Cimanuk. Tempat wisata di Garut ini cocok kamu kunjungi bersama keluarga atau teman-teman bermain. Berwisata arung jeram, bisa kamu jadikan sebagai penguji adrenalin. Selain wisata arung jeram yang wajib dicoba, pemandangan Sungai Cimanuk juga wajib kamu lihat.

Berarung jeram sambil ditemani pesona alam yang memukau, akan menambah keasyikan yang sangat asyik. Untuk alat arung jeram, Sungai Cimanuk sudah menyiapkan sendiri. Jadi kamu tak perlu membawa sendiri peralatannya.

8. Pantai Sayang Heulang

Selain terkenal dengan wisata gunungnya, Garut juga memiliki tempat wisata yang mampu membuat kamu terkagum. Pantai Sayang Heulang adalah salah satu tempat wisata di Garut yang wajib masuk list liburan. Pantai apik ini berada di Wilayah Pameungpeuk, atau berjarak sekitar 87 KM dari pusat Kota Garut, dan membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam saja

Pantai Sayang Heulang memiliki pemandangan yang tak kalah dengan pantai di Garut Lainnya. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih bersih, dan batuan karang yang luas. Selain itu tepat dibibir pantai terdapat banyak pohon rindang, yang bisa kamu jadikan sebagai tempat berteduh saat panas pantai mulai datang.

Itulah 8 referensi tempat wisata di Garut yang harus kamu kunjungi saat liburan telah tiba. Selamat berlibur, semoga liburanmu menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *